Selasa, 22 September 2020

7 Cara Memulai Bisnis

Cara memulai bisnis baru yang akan kita rintis dari "NOL" terdiri dari:

¤ Modal
¤ Menentukan jenis usaha
¤ Tempat Usaha
¤ Fisik/Objek yang akan dibisniskan
¤ Penjualan/Selling, Pemasaran & Marketing
¤ Konsumen/Buying
¤ Pengembangan Usaha

1. Modal

Modal adalah landasan utama seseorang untuk mulai membangun sebuah bisnis usaha, bisnis yang mulai terbangun dengan adanya sebuah modal tergantung pada berapa banyak & besarnya dana yang di kucurkan dalam membentuk sebuah bisnis usaha.

2. Menentukan jenis usaha

Menentukan jenis usaha adalah hal yang perlu diperhatikan sejak awal mula penanaman modal, misal kita akan berbisnis penjualan eceran atau warung, toko, outlet, kios, dll berarti bisnis yang kita pilih adalah bisnis yang bergerak dibidang Retail, ada juga bisnis yang bergerak di bidang Properti, Travel, dll.

3. Tempat Usaha

Menentukan tempat yang strategis untuk membuka usaha, tempat strategis yang dimaksud adalah dekat dengan keramaian, dekat dengan sarana umum dan gampang diakses, misal dekat dengan Pasar.

Untuk bisnis kecil seperti warung bisa saja dibuat di depan rumah dengan mempertimbangkan posisi yang tepat misal di depan halaman rumah yang dekat dengan jalan.

4. Fisik & Objek Yang Akan Dibisniskan

Setelah kita punya, Modal,  menentukan jenis usaha dan tempat usaha selanjutnya kita harus tau apa yang akan kita jual, mengetahui prodak apa yang kita jual "produk knowledege" dan apa yang sedang dibutuhkan dan di cari oleh konsumen, misal kita buka Konter berarti yang kita jual antara lain:
Pulsa, Kuota, HP, Aksesoris HP, Jasa Service HP, dan kita harus tau fungsi dan kegunaan barang dan jasa yang kita jual ke konsumen.

5. Penjualan atau Selling

Penjualan atau selling adalah cara bagaimana kita menjual suatu barang agar laku dan dapat terjual kepada konsumen, salah satunya kita memperkenalkan produk kita dengan cara pemajangan/display produk yang jelas supaya terlihat oleh konsumen selanjutnya melakukan penawaran serta promosi produk.

6. Konsumen/Buying

Konsumen adalah calon pembeli yang harus kita layani supaya konsumen puas dengan barang & jasa yang kita jual dan tawarkan, menawarkan dengan jelas & ramah akan membuat konsumen merasa dihargai dan dihormati hal itu akan membuat konsumen nyaman berbelanja, selain itu kita juga harus mengetahui siapa konsumen kita dan apa yang dia butuhkan, misal kita berjualan di dekat Sekolahan, berarti konsumen kita adalah anak sekolah yang biasanya membutuhkan alat tulis seperti buku & pena, mereka juga biasanya suka dengan cemilan/jajanan kita bisa saja sekalian pajang minuman ringan, snack makanan ringan, sambil jualan pulsa elektrik & kuota, dll

7.  Pengembangan Usaha

Pengembangan usaha adalah salah satu cara melebarkan sayap usaha agar lebih besar, biasanya dengan penambahan modal berupa peminjaman uang kepada koprasi atau kerja sama dengan orang lain yang ingin menanamkan modalnya, bisa juga pakai modal utama atau modal pribadi untuk mulai membesarkan bisnis usaha dengan menambah berbagai macam pelayanan produk dan jasa misal: Sebelumnya membuat warung di depan rumah, karna posisinya di dekat jalan kadang sering melihat kendaraan yang bocor ban'nya, kita bisa saja mengembangkan usaha warung kita dengan sekalian membuka tambal ban sekaligus steam motor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda!

Cara Pakai Kuota Streaming 3

Cara menggunakan kuota streaming GSM 3. Kamu mau stremingan pakai kuota streaming GSM 3 tapi kamu gak tau cara memakai kuota streaminganya?,...